Alat Untuk Mencari Kesalahan Skrip PHP

 | Debugging — Bahasa pemograman PHP adalah sebuah server-side scripting yang diciptakan pada tahun 1995 dan dirancang untuk pengembangan web. PHP dapat dengan mudah digabungkan dengan HTML dan dapat digunakan dengan berbagaitemplate engine dan framework. Kode PHP biasanya diproses oleh PHP interpreter, yang biasanya diimplementasikan sebagai modul asli dari server web atau Common Gateway Interface (CGI) executable.
Membuat script PHP tidaklah mudah, terkadang seorang programmer banyak melakukan kesalahan dalam kode yang dituliskannya. Kode yang dibuat biasanya tidak sedikit, bisa terdiri dari puluhan bahkan ratusan file dan setiap file bisa terdiri dari ratusan bahkan ribuan baris. Hal tersebut tentu sulit untuk menemukan kesalahan.
Dibutuhkan sebuah alat debugging untuk membantu mencari kesalahan dengan mudah dan mengurangi jumlah bug. Berikut ini Jurnal Web kumpulkan beberapa alat untuk debug script PHPAnda.
1. Pinba
Pinba adalah mesin penyimpanan MySQL open source dan tujuan utamanya adalah untuk membantu pengembangan web guna memantau semua kinerja script PHP. Alat ini bertindak sebagai real time monitoring server untuk PHP dan MySQL.
2. Whoops
Whoops merupakan sebuah PHP library untuk menangani exceptions, Whoops terbukti menjadi debugger yang sangat kompeten. Kesalahan ditangani di tumpukan menggunakan antarmuka yang mudah untuk dipahami dan enak untuk dilihat. Dilengkapi juga dengan API. Whoops mudah dikonfigurasi dan memiliki fitur yang user-friendly.
whoops
3. Xdebug
Xdebug pada dasarnya merupakan perluasan yang disediakan oleh platform PHP untuk orang-orang yang ingin terhindar dari kesalahan dan mencari cara yang sangat efektif untuk debug mereka. Alat ini juga merupakan alat yang dibuat untuk profiling skrip PHP. Alat ini hanya sebatas extension/perluasan saja, mengakses dan menggunakannya tidaklah sulit.
4. Krumo
Krumo adalah contoh yang bagus dari alat debugging, yang menampilkan informasi tentang struktur variabel PHP.
5. Kint
Kint adalah sebuah open source debugger, Kint adalah alternatif yang bagus untuk debugger yang lebih populer seperti var_dump, webgrind, dan lainnya. Alat ini tidak memerlukan banyak pengaturan namun sangat efisien. Kint adalah alat yang intuitif untuk mendeteksi tipe data yang di dump.
kint
6. PHPMD
PHPMD adalah alat yang bagus untuk mendapatkan kode sumber dan menemukan kesalahan-kesalahan yang ada di kode tersebut. Setiap jenis kesalahan dapat diselesaikan dengan mudah dengan pembatasan pendefinisian aturan.
phpmd
7. PHP Debug Bar
PHP Debug Bar adalah salah satu alat lainnya yang sangat baik untuk proyek-proyek web Anda dan dapat menampilkan data dari semua jenis aplikasi web.
Semoga alat-alat diatas bisa membantu Anda para programmer PHP untuk menemukan kesalahan-kesalahan atau error yang ada pada skrip yang telah Anda tulis dan akhirnya bisa membuat sebuah produk yang bebas dari bug.

8. Notepad ++

Notepad ++ adalah aplikasi gratis.  source code editor dan pengganti Notepad yang mendukung beberapa bahasa. Berjalan di lingkungan MS Windows, penggunaannya diatur oleh GPL License.




sumber:http://www.jurnalweb.com/

0 Response to "Alat Untuk Mencari Kesalahan Skrip PHP"

Post a Comment

Ilmu ibarat sempax, kita harus menggunakannya, tapi tak perlu memamerkannya