MEMBUAT SISTEM LOGIN LOGOUT CODEIGNITER DENGAN DATABASE MYSQL

Oke, kita mulai.

Buat database terlebih dahulu. Lalu table, kemudian field, setelah itu diisi. Database yang Ogut buat bernama db_login, dengan table tbl_m_user, berisi field id_user, username, password.
Table tbl_m_user
Kemudian isi table tersebut dengan data admin untuk usernamenya dan admin juga untuk passwordnya. Data ini yang akan digunakan untuk login.
Data username dan password
Dari sisi database selesai. Beralih ke sisi aplikasi, dalam hal ini si codeigniter. Agar codeigniter dapat "berbicara" dengan database, perlu dilakukan pengaturan pada file application/config/database.php. Untuk lebih jelas, lihat gambar berikut.
Setting database codeigniter

Username dan password tersebut merupakan default username dan password dari localhost laptop Ogut dan database sesuai dengan yang Ogut buat. Kamu sesuaikan ya.

Setelah itu, pada file application/config/autoload.php ada bagian yang harus diubah. Pada bagianlibraries, isi dengan database dan session agar kita tidak memanggil library ini di setiap controller. Cukup ubah pada bagian ini, maka library database dan session dapat dipakai disemua controller. Pada bagian helper, isi dengan url.
Autoload library database dan session
Selanjutnya pada bagian model, isi dengan nama model yang nantinya akan dibuat. Nama model yang Ogut buat adalah model_login.
Autoload model
Berikutnya file application/config/config.php. Isi bagian base_url dengan alamat dan folder yang kamu buat. Localhost Ogut beralamat di http://localhost:2021/ sedangkan folder aplikasinya bernamalogin-ci.
Setting base_url
Berikutnya lagi, file application/config/routes.php. Isi pada bagian default_controller. Ogut isi dengan login karena Ogut ingin controller login menjadi controller yang pertama kali dipanggil. Kamu sesuaikan dengan controller yang kamu buat ya.
Setting default controller
Pengaturan dari sisi codeigniter selesai sampai tahap ini. Tahap selanjutnya adalah membuat model, controller, dan view. Pertama membuat model model_login. Sesuai dengan pengaturan padaautoload.php pada bagian model tadi.
Model model_login
Fungsi dari model ini adalah untuk mengambil data berdasarkan username dan password yang diinput. Nama file dan nama class harus huruf besar. Selanjutnya adalah membuat controller login.
Controller login
Terdapat dua fungsi pada controller ini, fungsi masuk dan fungsi keluar. Cara kerja fungsi masuk ini pertama menerima data input username dan password. Kemudian mengambil data dari database berdasarkan username dan password yang diinput dengan memanggil fungsi cek pada model_login.

Jika data ada, dengan kata lain bernilai satu, maka data tersebut disimpan ke dalam session lalu diarahkan ke controller selanjutnya, controller home. Jika data tidak ada, maka membuat pesan dalam bentuk flashdata, seperti notifikasi, kemudian diarahkan kembali ke controller login.

Fungsi keluar ini adalah untuk logout, cara kerjanya yaitu dengan menghapus session yang sudah terpasang saat login.

Selanjutnya controller home. Pada controller ini, kita beri proteksi agar tidak bisa dibuka jika belum login. Caranya dengan menggunakan session.
Controller home
Kedua controller ini harus diawali dengan huruf besar. Untuk model dan controller pada codeigniter versi 3, harus diawali dengan huruf besar. Kenapa? karena jika huruf kecil, folder aplikasi di upload ke live server, kemudian coba diakses, akan terjadi error. Coba lihat tulisan Ogut yang ini.

*Bang, belom selesai?
Belom nih, Ne. Sedikit lagi. Wah ente udeh kelar aja nyarapnya.
*Iya bang, laper, hehe. Kelamaan kalo nungguin abang, bisa pingsan dah..
Yaudah, ane mau kelarin ini dulu.
*Cemungut bang!

Controller selesai, selanjutnya beralih ke view. Kita buat dua file view, yang satu untuk form login dan yang satunya lagi untuk home setelah login.

Untuk file form loginnya, Ogut beri nama home.php, sedangkan untuk file home setelah login, Ogut beri nama logout.php.
View logout.php
Selesai sudah membuat sistem login logout codeigniter dengan database mysql. Untuk demonya, kamu bisa lihat video dibawah ini.

0 Response to "MEMBUAT SISTEM LOGIN LOGOUT CODEIGNITER DENGAN DATABASE MYSQL"

Post a Comment

Ilmu ibarat sempax, kita harus menggunakannya, tapi tak perlu memamerkannya