pesan error ketika internet mati (mikrotik)

udah lama ga nulis-nulis ni, sebenernya banyak yang pengin saya bagikan sama temen2.berhubung waktunya ga sempat.
kali ini saya akan berbagi gimana caranya kirim pesan ke pemakai internet kalo internet sedang bermasalah atau lagi troble..tentu saja dengan router mikrotik...sebenernya ini trik udah lama sih...
langsung saja ya.pertama buat pesan error.html (pada prinsipnya sama dengan ini https://tekhnisi-it.blogspot.co.id/2015/11/mengirim-pesan-expired-melalui-pppoe.html).
kalo ga mo buat pake punyaku ini
upload ke folder webproxy punyanya mikrotik (pake ftp ato terserah gimana uploadnya)
kemudian buat direct nat ke webproxy
ta kasih kodeya saja ya..

/ip firewall nat add action=redirect chain=dstnat comment=Error-internet disabled=yes \
    protocol=tcp to-ports=3127

kalo udah kita aktifkan web proxy nya
teruss buat access web proxy nya
kalo udah kemudian kita bikin otomatisnya, jadi penjelasanya ketika kita ping ip domain tertentu tidak bisa maka semua akses internet kita arahkan ke web proxy error yang sudah kita buat....
buat net watch

/tool netwatch add comment="jika internet mati" down-script="/ip firewall nat enable [find comment=Error-internet]/ip proxy access enable [find comment=error-internet]" host=74.125.200.113 up-script="/ip firewall nat disable [find comment=Error-internet]/ip proxy access disable [find comment=error-internet]"


kalo bingung, tambahkan manual aja kayak ini

PENJELASAN...
fungsi netwatch untuk mengaktifkan dan menonaktifkan direct webproxy ketika ping google.
kalo ping google reply maka fungsi direct akan mati, dan sebaliknya ketika ping google ga bisa maka akan mengaktifkan direct proxy.jadi ketika ga ada internet/gangguan  internet dari ISP maka pemakai/user kita akan didirect ke pemberitahuan error.html yang sudah kita buat
mo akses detik(atau domain apapun) keluarlah pemberitahuan kalo internet sedang gangguan
Gitu aja sih.....mudah bukan..dan user pun jadi tahu kalo lagi gangguan...dan kita ga di telponin komplain dari user
terimakasih semoga bermanfaat





3 Responses to "pesan error ketika internet mati (mikrotik)"

  1. http://adf.ly/1g54BC linknta tidak berfungsi.....

    ReplyDelete

Ilmu ibarat sempax, kita harus menggunakannya, tapi tak perlu memamerkannya