Limit otomatis di simple queue (mikrotik router)

dah lama ga nulis...lagi banyak kerjaan soalnya jadi ga sempet cari trik2 baru....
kali ini aku akan share cara membuat simple queue secara otomatis....sebelumnya aku pernah share trik limit otomatis secara periodik dengan schedule di mikrotik.DISINI..tapi saya rasa kurang efektif, karena setelah aku analisa ketika jalankan schedule cpu dan ram nambah berat (jika routernya pas2an sih)..
kali ini aku akan manfaatkan lease yang ada di module server DHCP..
jadi cara kerjanya yaitu ketika dhcp server ngasih ip ke client dia akan mendaftarkan di lease dhcp ..
ok ga usah lama2...
sebelumnya aku mo kasih sedikit trik gimana sih cara buat script untuk perintah2 yang di butuhkan di mikrotik secara otomatis....yaitu pake aplikasi notepad plus..pernah aku bahas disini...nah di situ aku buat scriptnya...selain itu setelah jadi aku cobain di terminalnya mikrotik..kalo udah ga ada kesalahan barulah kita pasang....ok...lanjut ke topik..

script nya

#otomatis nambah Simple Queues
#By roesAyaheNANO

:local queueName "Client- $leaseActMAC";

:if ($leaseBound = "1") do={
   /queue simple add name=$queueName target=($leaseActIP . "/32") limit-at=1024k/1024k max-limit=3M/3M burst-limit=10M/10M burst-threshold=6M/6M burst-time=15/15 parent=WIfi-office packet-marks=auto-bw comment=[/ip dhcp-server lease get [find where active-mac-address=$leaseActMAC && active-address=$leaseActIP] host-name];
} else={
    /queue simple remove $queueName
}



1.sebelumnya buat induknya limit queue (makanya aku tambahin "parent=Wifi-office" karena aku buat di simple queue itu punya induk maka harap perhatikan dan pahami script (maksud dan tujuan harus paham dulu)
2.karena di mangle aku juga kasih packet-mark=auto-bw
3.tambahin script itu di  /ip dhcp-server> di lease-script  dhcp yang mo dipake

hasilnya


penjelasan:
1.simple queue akan terbentuk jika lease dhcp server terdaftar client yang akan make
2.dan jika client logoff...... otomatis daftar lease akan hilang (sesuai lease time yang di gunakan)
maka simple queue akan remove dengan sendirinya.
ini sebenernya ada kelemahannya (pasti ada kelebihan dan kekurangan) tapi ga akan saya share disini nanti malah di salah gunakan ma yang suka oprek2.....


gitu aja sih...semoga bermanfaat...........

0 Response to "Limit otomatis di simple queue (mikrotik router)"

Post a Comment

Ilmu ibarat sempax, kita harus menggunakannya, tapi tak perlu memamerkannya